September 19, 2020
Bahasa Inggris

Pahami Cara Belajar Percapakan Bahasa Inggris

Jika kamu ingin belajar percakapan dalam bahasa Inggris, perlu ketekunan karena mempelajarinya gampang-gampang mudah. Banyak yang merasa bahwa belajar bahasa Inggris sangat sulit, tapi tidak sedikit yang merasa bahwa mudah-mudah saja belajar bahasa Inggris tanpa ada hambatan.

Kalau kamu merasa mempelajari percakapan bahasa Inggris sangat susah, kamu perlu mengganti cara belajar yang kamu gunakan. Sebenernya bagaimana sih min cara belajar percakapan bahasa Inggris dengan mudah? Nah, Minca sudah menyiapkan 5 jurus jitu belajar percakapan bahasa Inggris. Yuk simak.

1. Perbanyak Praktek

Jika kamu ingin belajar percakapan bahasa Inggris, kamu perlu banyak praktek. Kenapa? Karena mau tidak mau, belajar bahasa kuncinya ada di praktek. Ibarat belajar menaiki sepeda, jika kamu hanya mengenal teorinya saja, tanpa praktek, kamu selamanya tidak akan bisa mengendarainya.

Tanpa praktek, percakapan yang diidamkan hanya terbatas pada kelunya lidah. Pikiran mau ngomong, tapi tertahan di lidah yang ragu untuk mengucapkan.

Kalau kamu sering mempraktekkan berbicara dalam bahasa Inggris, tentu kamu akan lancar untuk melakukan percakapan bahasa Inggris.

2. Jika Malu Berbicara, Tulislah.

“Mau ngomong sama si x, tapi malu”

“Ah, aku ga pede. Bahasa Inggrisku masih acak adul”

Memang tidak semua orang berani secara langsung memulai percakapan. Banyak yang malu jika harus melakukan percakapan dengan orang secara langsung. Jika kamu merasa demikian, kamu perlu mencari solusi lain. Diantaranya menuliskan percakapan yang ingin kamu sampaikan melalui chatting, email, atau sekedar tulisan yang memenuhi kertas. Tapi saran Minca, lebih baik kamu memulai chatting dengan teman dari luar negeri. Dengan begitu, kamu terpaksa harus menggunakan komunikasi berbahasa Inggris.

3. Stop Memikirkan Grammar

Jika kamu ingin lancar melakukan percakapan dalam bahasa Inggris, kamu perlu berhenti sejenak memikirkan grammar atau tata bahasa. Jangan takut salah ngomong hanya karena takut grammar tidak tepat. Memang tata bahasa diperlukan, tapi jangan jadi penghalang untuk melatih ‘speaking’ atau percakapanmu dalam bahasa Inggris.

Jika kamu ingin mencobanya, coba untuk menggunakan percakapan bahasa Inggris, tapi kamu pikirkan lagi grammar yang tepat. Dijamin, kamu akan kesusahan bahkan ragu untuk mengucapkannya. Perlu kamu ingat, memang grammar penting, tapi jangan sampai grammar menjadi penghambatmu dalam melakukan percakapan.

4. Mendatangi Lingkungan Berbahasa Inggris.

Pernah mendengar Kampung Inggris? Nah, jika kamu ingin melancarkan percakapan dalam bahasa Inggris, kamu bisa coba untuk datang ke Kampung Inggris. Kamu bisa mempraktekkan percakapan bahasa Inggris dengan banyak orang. Suasana yang kondusif untuk berbincang-bincang menggunakan bahasa Inggris tanpa ada rasa takut salah, membuatmu bisa melewati fase-fase ‘malu’ memulai percakapan bahasa Inggris.

5. Perbanyak Mendengar, Menulis dan Membaca

Kemampuan yang kita miliki untuk melakukan percakapan sebenarnya sangat didukung oleh penguasaan kosakata atau vocabulary dari berbagai macam aktivitas, diantaranya mendengar, menulis dan membaca.

Selamat mencoba. Semoga sukses melakukan percakapan bahasa Inggris.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.