Juli 14, 2020
Mahasiswa

Jangan Boros! Ini tips ampuh hemat ala mahasiswa

Bagi mahasiswa, menjaga stabilitas keuangan bulanan bagi sangat diperlukan. Terlebih buat kalian yang masih menggantungkan biaya bulanan kepada kedua orang tua. Jika meleset sedikit dari perkiraan, bisa-bisa kamu akan gali lubang-tutup lubang setiap bulannya, alias ngutang sana sini buat nyukupin kebutuhanmu.  Nah, itu jika uang bulanan yang diberikan orang tua lebih. Bagaimana jika uang yang diberikan orang tua pas-pasan? Buat tugas aja udah habis banyak, print sana-sini, apalagi buat makan dan kebutuhan pokok lainnya? Wah, tentunya kamu perlu mencari cara agar bisa bertahan di perantauan.

Nah, buat iCampers semuanya, kali ini MinCam punya beberapa tips ampuh buat kalian. Yuk simak!

1.Buat anggaran

Jika kamu sudah mendapatkan uang kiriman, segera buat anggaran belanja. Kamu perlu mengklasifikasikan kebutuhan-kebutuhan dasar, biaya makan, kebutuhan kuliah dan jangan lupa, buat anggaran untuk menabung. Kenapa harus menabung? Memang tidak ada yang tahu permasalahan keuangan seperti apa yang akan muncul dalam kehidupan keluarga. Jika saja terjadi kerumitan finansial dari orang tua, dan kamu masih mempunyai tabungan, artinya kamu masih bisa bertahan hidup di perantauan sepanjang tabunganmu tersisa. Dan, artinya kamu perlu mencari tambahan lainnya.

2. Ambil uang sesuai kebutuhan

Jika sudah mendapat transferan bulanan dari orang tua lewat ATM, jangan sampai kamu kalap mata sehingga menghabiskan saldo ATM. Kamu perlu melihat anggaran, cukup ambil uang untuk satu pekan kedepan. Jika kos mu dekat dengan ATM, kamu bisa mengambil untuk kebutuhan anggara 3 hari ke depan saja. Akan sangat efektif untuk mengerem pengeluaranmu. Kenapa? Karena uang sifatnya licin dan susah dipegang. Bahkan jika tidak teratur, sekalipun dijatah 5 juta perbulan pun juga akan habis. Ga percaya? Coba sendiri.

3. Tulis pengeluaran pasti setiap harinya

Cara ampuh lainnya, kamu perlu membuat catatan anggaran pengeluaran harianmu. Dengan mengetahui pengeluaran harianmu, kamu bisa menekan pengeluaran bulananmu. Dan, kamu juga bisa menjatah keperluan makanmu. Misal dengan 20.000 saja bisa untuk kebutuhan makan sehari, ngapain harus menghabiskan uang 40.000 seharinya? Memang perlu sih cemilan untuk teman tugas, tapi kan tidak baik juga jika terus-terusan.

4. Masak di kos atau kontrakan

Kamu tahu nggak kalau makanan yang di beli di warung dekat kos mu, harganya biasanya 2-3 kali dari harga pokok produksi. Ya tentulah, kan disana ada jasa ‘lelah’nya. Nah, tentunya, kalau kamu ga males, kamu bisa masak sendiri di kosan atau kontrakan. Dan tentunya, kamu perlu ijin terlebih dahulu ke bapak/ibu kos.

5. Cuci baju sendiri

Kamu perlu merasakan bagaimana menjadi hidup mandiri, dan jauh dari bantuan orang tua. Nah, saatnya kamu perlu menunjukkan kemandirianmu. Jangan manja di perantauan. Hindari menggunakan jasa laundry pakaian. Coba cuci sendiri. Atur waktu kuliah, organisasi dan keperluan pribadi. Kamu bisa mencuci pakaian di akhir pekan. Tapi, kalau kamu merasa keberatan dengan cucian di akhir pekan, kamu bisa cuci pakaianmu setiap selesai mandi. Simpel kan?

6. Simpan uang receh

Jangan sia-siakan recehan, meskipun suaranya nyaring, dia akan menjadi penolongmu kala butuh. Bayangkan berapa recehan yang bisa terkumpul dari fotokopian, warung, pasar, atau nemu dijalan. Kalau kamu kumpulkan di botol, lalu kamu hitung setahun sekali, bisa jadi tambahan uang jajan.

7. Hindari cemilan terlalu sering

Sesekali makan cemilan memang boleh saja, tapi jika hampir setiap hari mampir ke minimarket buat beli cemilan dengan dalih “ah uang masih ada”, tentunya hanya akan membuatmu susah mengatur pengeluaran bulanan. Jangan sampai ya guys.

8. Cari tambahan penghasilan

Kalau waktu luangmu di kampus cukup banyak, ga ada salahnya kamu coba untuk bekerja part time. Part time berguna banget nih buat kamu yang banyak waktu luangnya, selain memaksimalkan waktumu, dan dapat penghasilan tambahan, tentunya, kamu juga dapat pengalaman seru dari setiap tempat yang kamu singgahi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.